Skip to main content

SOTO RUJAK GALIS MADURA

Assalamu alaikum...

Sekian lama, ternyata sudah berbulan-bulan ya saya tidak menebar sapa di tempat ini. Ada yang kangen? hehehe... Jangan-jangan udah lupa. Hiks.
Pastinya semoga kita masih di berikan kesehatan dan di limpahi keberkahan ya oleh yang Maha Esa. Aamiin.

Oke para pengintip alam semesta. Ada pepatah mengatakan, bahwa "Dengan membaca kita bisa melihat seluruh dunia." Maka secara auto, ketika membaca tulisan saya yang sangat sederhana ini, kita semua sudah mengintip sisi kecil dari belahan dunia ini.


Oke Readers. Beberapa hari mudik ke kampung halaman, kurang puas dong ya kalau cuma buat leyeh-leyeh menghabiskan hari di tempat tidur.
Di madura itu sebenarnya amat banyak hal hal yang dapat saya duniakan, namun karena keterbatasan waktu dan juga keadaan, pada tulisan saya yang ini, sedikit saya akan bagikan info dari salah satu makanan khasnya orang Madura. 

Kali ini saya akan membeberkan salah satu makanan yang sangat familiar di kota kelahiran saya, yakni SOTO RUJAK MADURA. Apasih soto rujak Madura?

Cekidot...

Soto Rujak Madura. Semacam olahan berkuah dan mengenyangkan yang dapat kita jumpai di berbagai sudut kota Madura ini. Tapi kali ini saya akan mengulas Soto Rujak yang berada di kampung saya, tepatnya di daerah Paterongan, Galis, Bangkalan. Jaraknya tidak jauh dari jalan raya. Jadi buat yang sedang bepergian atau melintasi jalan Raya Galis Paterongan, tidak usah khawatir kerepotan untuk masuk kejalanan kecil. Jika dari arah Suramadu, atau dari arah Bangkalan menuju Sampang-Sumenep, kalian akan melewati jalan Kajuanak yang berada di sebelah kanan pertigaan. Cukup menyebrang ke arah selatan, setelah menyebrang akan di jumpai warung kecil di sebelah kiri. Jika dari arah Sampang-sumenep, posisi langsung berada di sebelah kiri. 
Untuk masyarakat di sekitar Paterongan, yang berada di daerah Kajuanak dan sekitarnya, bisa langsung meluncur ke arah jalan raya Galis. Di pertigaan akan ada tanjakan dan tempatnya berada di sebelah kanan jalan sebelum pangkalan ojek.


Mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Madura tentang apa itu Soto Rujak. Olahan makanan yang terbuat dari beras yang di rebus dengan daun pisang, atau biasa di sebut lontong, ini memang bisa menjadi santapan yang nikmat. Apalagi di nikmati ketika pagi hari, sarapan dengan Soto Rujak ini sangat memanjakan perut. Kuah soto yang di campuri dengan bumbu kacang dan bahan-bahan lainnya seperti bawang goreng, toge, daging rebus, memang sangatlah menggugah selera.



Jangan khawatir bagi yang tidak suka makanan berkuah, di warung ini juga tersedia Olahan Rujak tanpa kuah soto. Jadi bisa juga memesan makanan Rujak Ketupat di warung ini. rasanya juga tidak kalah dengan Soto Rujak, gurihnya bahan yang di buat bumbu Rujak Ketupat ini juga bisa kita nikmati. 

Tapi saya tidak suka makanan yang di bumbui dengan kacang, Cak. Gimana dong?

Tidak usah kecewa karena udah datang jauh-jauh buat menikmati makanan khas Madura tapi tidak suka dengan olahan yang terbuat dari kacang.


Tersedia Lontong Mi, atau di daerah ini terkenalanya "TongMi". Bahan-bahannya juga tidak jauh beda dari Soto Rujak, namun olahan yang satu ini tanpa di bumbui kacang. Bedanya dengan Soto Rujak terletak pada kuahnya yang di ramaikan dengan Mi Kuning, daun bawang, dan juga di lumeri dengan Petis khas Madura. Harganya lebih murah dari Soto Rujak, Normalnya Rp. 5000 namun untuk anak-anak bisa memesan dengan porsi anak-anak dengan harga Rp. 4000 saja. 

Gimana? sedap bukan? hmmm....

Untuk menikmati sedapnya makanan di warung yang satu ini, sebaiknya jangan datang ketika di jam jam siang, karena biasanya sudah ludes oleh pembeli.



Terus jam berapa dong biar masih kebagian?

Pokoknya datang saja sepagi-paginya. Yang jelas setelah jam 5 pagi ya, setelah jam 9 pagi biasanya makanan yang di sediakan sudah tinggal sedikit. Jadi sudah tahu dong ya di jam berapa harusnya untuk membeli makanan di warung yang satu ini. Heheheh....

Selain makanan, di warung ini juga tersedia kopi untuk menyegarkan badan untuk melakukan aktivitas. Makanan ringan seperti Onde Onde Madura, kue cucur atau biasa di sebut "Kocor" bagi orang-orang Madura. jadi buat yang hanya sekedar ingin ngopi ngopi sederhana, bisa juga untuk menyeruput kopi hitam di tempat ini. Dan membeli camilan makanan ringan juga tersedia.

Tepatnya di samping toko bangunan Putra Jaya Steel Jalan Raya Galis Kajuanak, kalian bisa menjumpai warung makanan yang bukanya dari jam pagi ini. Untuk yang ingin tahu nama penjualnya, namanya Ibu Rum. 

Gimana, tertarik untuk makanan khas Madura yang satu ini kan? Langsung saja datang ke tempat yang sudah saya infokan di atas ya.

Semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Mau tahu makanan apalagi yang akan di ulas? nantikan di tulisan saya berikutnya ya.
Atau kalian punya saran makanan apa lagi yang harus banget saya review? Silahkan say tunggu sarannya melalui email ke fauzimdra@gmail.com atau bisa langsung kirim pesan lewat instagram ke saya @zi.mad 

Oke Readers. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan juga untuk kita semua. Terimakasih sudah meluangkan waktunya. Jangan lupa untuk menyisihkan sedikit waktunya untuk membaca.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya.


Comments

Popular posts from this blog

Belajar Budaya "Karapan Sapi Madura"

Bicara tentang Indonesia, dengan berjuta kekayaan alam dan juga budayanya, ras dan suku bangsa yang beraneka ragam, tak cukup hanya hitungan jam untuk menceritakan betapa elok dan melimpahnya harta Indonesia. 

Membahas soal Indonesia, memang tak ada habisnya. Sekitar 17.504 pulau yang dimilikinya, dan bermacam budaya juga tradisi yang terbilang kaya dan masih lestari hingga hari ini.
Indonesia memang sangat asyik untuk diulik, apalagi tentang budayanya.
Di postingan kali ini, kita akan belajar dan mengenal salah satu budaya yang ada di Indonesia bagian timur.
Sudah ada yang pernah tahu tentang Karapan Sapi? Tradisi yang hanya dimiliki oleh orang-orang Madura dan masih terlestarikan sampai hari ini.
Yuk kita mengulik sedikit tentang Karapan Sapi bersama Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), Bangkalan, yang akrab di sapa Muhyi. 


Karapan Sapi itu apasih?
Karapan Sapi adalah perlombaan pacuan sapi, dimana biasanya sapi di adu sebagaimana balapan lari. Dengan satu joki yang menumpangi sepasang sapi …

Puisi Buat Mantan Gebetan Terindah

Bicara tentang masa lalu,gue ingat pada waktu gue masih nge-gebet cewek antagonis di masa Putih biru-biru.Gue sempet bikin puisi buat dia,saat gue baca sempet gue mikir "ternyata dulu gue puitis banget" .Nih puisi gue buat gebetan gue di masa Putih biru-biru >Cinta atau matematika
Di posting oleh Fauzi Achmad pada 02:13
AM, 06-Jun-13Cintaku padamu bagaikan " PI "
dalam sebuah rumus
matematika yang berarti suatu
ketetapan,tapi cintaku padamu
tidaklah seperti " GRADIEN "
yang berarti kemiringan suatu garis.
Cintaku bukan pula seperti "
JARI - JARI " yang bersifat
setengah dalam suatu
lingkaran,namun cintaku
bagaikan " DIAMETER " yg bersifat
utuh dlm sbuah
lingkaran.
Cntaq juga bkan pula seperti
" SKALA " yg berarti suatu
pengukur,tapi melainkan
seperti bentuk " BOLA " yg tidak
dapat di ukur dan tak
terhingga.Puisi itu gue ambil di blog gue yang jadul.Sebenernya puisi itu udah lama gue buat,tapi baru tahun kemaren g…

Basecamp Caffe, Idolanya Tempat Tongkrongan Di Ciputat

Temen-temen Mahasiswa Uin Jakarta, atau temen-temen yang tinggal di sekitaran Ciputat dan suka nongkrong pasti tau nih tempat ngopi dan ngobrol yang satu ini.


Suasana di tempat ini memang nyaman. Meski atapnya terbilang begitu dekat ke kepala, namun nuansa yang seperti ini cukup mengingatkan para pengunjung (terutama saya) agar selalu merasa rendah (hati).
Sempat meliburkan jam operasi beberapa bulan lamanya, Basecamp Cafe baru-baru ini kembali beroperasi dan tak kehilangan citranya sebagai salah satu Cafe yang terbilang ramai di area Ciputat ini.


Jam buka tempat tongkrongan ini dimulai dari 09:00 sampai jam 03:00 wib setiiap hari Kamis-Rabu.

Untuk menu di tempat ini sudah bisa dikategorikan dalam kata 'lengkap', Ada makanan berat untuk mengenyagkan perut, Nasi Goreng dan beberapa makanan lainnya.
Buat yang sekadar mau nyemil, tersedia pisang cokelat, kentang goreng, dan makanan ringan lainnya. Soal Kopi-kopian, di tempat ini sudah disediakan untuk para pengunjung dengan berb…