Pentol Palongan Makanan Hits Daerah Bangkalan Madura

Ada yang belum kenal dengan "Pentol?" 

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Madura. Tentunya masyarakat di daerah Galis, Bangkalan Madura.

Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang salah satu makanan hits yang berada di daerah Galis, Madura.

"PENTOL PALONGAN"



Pentol adalah sejenis makanan yang tebuat dari campuran tepung terigu, semacam bakso namun berbeda rasanya.

Nah... Kali ini, saya temukan Pentol yang sangat familiar bagi masyarakat Galis dan sekitarnya. Bertempat di daerah Banyubunih, Galis Bangkalan. Pentol yang satu ini sangat di idam-idamkan oleh masyarakat di daerah ini. Bahkan warga yang merantaupun jika di waktu mudik, sangat mengagendakan untuk membeli Pentol yang satu ini.


Palongan itu sendiri berasal dari kata Madura. Yang artinya jika di bahasa Indonesiakan adalah sebuah tempat yang berisi banyak air semacam kolam renang. Tanggapan penjual pentol yang satu ini ketika saya tanya kenapa di namakan Pentol Palongan? Jawabannya adalah karena lokasi warung bertempat berdekatan dengan Palongan yang merupakan Icon utuma dari dusun Palongan itu tersendiri.




Di baluti dengan Tahu di bagian luarnya. Pentol ini sangat nikmat memang dengan lumeran saosnya yang khas asli Madura. Rasa saos yang lumayan pedas cukup bisa memuaskan lidah pembelinya. Namun tidak usah khawatir akan kecewa buat yang tidak suka pedas, karena tersedia juga saos yang sangat rendah kadar pedasnya.



Seperti yang telah saya sebutkan di atas, namanya adalah Pentol Palongan. Pentol yang berada di daerah Palongan, Banyubunih, Galis, Bangkalan ini, selain mengenyangkan, harganya juga di kategorikan dalam harga murah loh...
Hanya Rp. 1000 saja sudah bisa merasakan 4 Pentol yang ukurannya sepanjang jari kelingking orang dewasa.


Pentol Palongan ini ternyata sudah bertahan dari tujuh tahun yang lalu. Maklum saja jika sekarang sehari bisa menghabiskan takaran 7 kilo tepung dan minimal Rp 70.000 perhari untuk pembelian Tahunya. Mantap banget kan penjualan Pentol yang satu ini.
Sekarang sudah bisa membangun sebuah Rumah besar dan sedang dalam tahap penyelesaian Toko yang berada bersebelahan dengan rumah yang baru di bangun oleh si pemilik.




Hmmm... Gimana? Tertarik untuk mencicipinya? Datang saja langsung ke daerah Palongan kawasan Banyubunih, jalur SMP Galis, Bangkalan.
Belum saya dapatkan info pasti jam tutup warungnya. Jika mau ke tempat ini, saya sarankan di jam siang saja. Karena jika terlalu pagi, khawatir belum buka.

Ok pembaca setia saya. Mungkin itu saja yang dapat saya bagi informasi tentang Pentol Palongan.
Sampai jumpa di tulisan berikutnya.
Salam Indonesia.

Kritik dan saran bisa langsung melalui pesan email ke fauzimdra@gmail.com Atau via DM instagram ke @zi.mad 

Terimakasih...

Pentol Palongan Makanan Hits Daerah Bangkalan Madura Pentol Palongan Makanan Hits Daerah Bangkalan Madura Reviewed by Fauzi Achmad on September 11, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.