Skip to main content

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Jurusan Teknik Informatika

Belum beranjak jauh dari pembahasan mengenai dunia pendidikan. Jika di postingan sebelumnya kita sudah mendapatkan info tentang jurusan Kesehatan Masyarakat, sekarang kita akan mengenal lebih dekat tentang apa itu jurusan Teknik Informatika atau sering di sebut dengan jurusan IT.

Mujahidin Hs, atau lebih sering di panggil Kak Mujahidin. Mahasiswa Jurusan IT di salah satu kampus yang berada di daerah Jakarta, tepatnya di Universitas Budi Luhur.



Seperti ini penjelasan dari Kak Mujahidin yang beberapa hari belakangan ini saya wawancarai tentang apa itu jurusan IT,

"Teknik Informatika adalah jurusan yang terfokus pada 2 bidang khusus yaitu program dan jaringan."

Lalu apa sih yang di maksud dengan Program dan Jaringan disini?

"Di jurusan ini kita belajar membuat aplikasi desktop ataupun mobile dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemerograman seperti, Bahasa C, Java, dan lain-lain." Penuturan Mahasiswa yang berdarah Galis, Madura ini. 

Dua mata kuliah ini adalah mata kuliah yang juga terbilang favorit dalam jurusan Teknik Informatika menurut Kak Mujahidin, yakni Mobile Programing dan Pemrograman Berorientasi Obyek.

Apasih Mobile Programing dan juga Pemrograman Berorientasi Obyek? 

"Pemrograman Berorientasi Objek merupakan salah satu mata kuliah untuk belajar tentang membuat program dekstop, contoh: Penghitungan grade nilai mata kuliah.

Mobile programing yaitu mata kuliah yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi berbasis mobile atau aplikasi handphone."

Wahh... Sepertinya seru banget ya kuliah di jurusan Teknik Informatika. Bisa tahu banyak hal-hal baru dan juga bisa membuat suatu aplikasi.

"Intinya jurusan ini tuh cocok bagi orang yang tidak suka kelayapan kesana-kesini. Rutinitas lebih terfokus pada layar komputer. Karena untuk membuat suatu aplikasi dia harus ngoding terlebih dahulu dengan rumus-rumus yang sangat menantang dengan semua sensasi yg dirasakan." Penjelasan Kak Mujahidin tentang apa yang ia dapat semenjak kuliah di jurusan IT.

Mahasiswa perantau yang sekarang sedang mengajar di beberapa tempat di daerah Tangerang ini memang sangatlah terbilang mempunyai skill yang luar biasa. Sering di undang untuk menjadi MC di beberapa acara seperti Pernikahan, Acara kampus, dan lain sebagainya. Mempunyai intelektual yang tinggi, Kak Mujahidin ini pernah menjabat sebagai Ketua di salah satu organisasi yang ada di kampusnya. Dan sekarang, Mahasiswa yang sudah semester akhir ini sedang menyiapkan kelulusan dan sekaligus menyambat gelar sarjananya.

Sangat membanggakan ya pastinya bagi kedua orang tua dan orang-orang terdekat Kak Mujahidin ini atas prestasi dan pengalaman yang banyak ia raih.

Sebagai orang yang sering menjadi pembawa acara atau menjadi MC di beberapa acara, gimana sih awal mula kenapa Kak Mujahidin ini bisa memilih jurusan IT untuk ia geluti? Seperti ini ceritanya,

"Jadi awalnya saya belum tau secara pasti apa itu Jurusan Teknik Informatika, yang jelas ada IT ITnya aja wkwkwkwk.

Berhubung saya SMK jurusan TKJ, saya konsultasi dengan Guru Komputer saya di sekolah, dan akhirnya saya direkomendasikan untuk ambil jurusan Teknik Informatika, katanya saya cocok masuk di jurusan ini.

Akhirnya, dengan yakin, Bismillah saya ambil jurusan Teknik Informatika. 

Dan saya apakah cocok di jurusan ini? Awalnya sempat kaget sih, ternyata diluar ekspektasi banget, karena saya bukan tipe orang yg senang berlama-lama didepan komputer/laptop, hehe.

Tapi saya yakin, ini semua sudah rencana dari Allah, saya ditempatkan di jurusan ini. Dan saya yakin, pasti ada kebaikan dan manfaat yg besar dibalik semua ini." 

Oke kan Mahasiswa yang satu ini? 

Kak Mujahidin ini terdaftar sebagai Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari kampusnya. Karena dari waktu sekolah, Kak Mujahidin ini memang banyak memperoleh prestasi, sudah menguasai bahasa Inggris, dan sudah mantap memang dalam ilmu komputernya. 

Kak Mujahidin berpesan nih untuk yang mau masuk di jurusan Teknik Informatika, "Belajarlah dan pahamilah rumus matematika dan dasar algoritma." 

Dan Kak Mujahidin juga memberi pesan untuk kita semua yang sedang menperjuangkan cita-citanya, seperti ini, "Tak ada yang kebetulan di dunia ini, semua sudah melalui skenario terbaik dari Allah. Jadi tugas kita adalah mensyukuri dan menjalani dengan sepenuh hati apa yang telah Allah tetapkan pada kita. Jurusan apapun yang akan diambil, yang terpenting enjoy it, karena tak semua orang bisa merasakan kuliah. Bisa jadi posisi yang kita anggap buruk saat ini, diluar sana banyak yang menginginkannya.

Yakinlah dengan pilihanmu saat ini, Allah akan memberikan yang terbaik."

Sangat menyemangati ya pesan dari Mahasiswa yang satu ini. 

Bagi sebagian orang mungkin terdengar jurusan ini akan membuat pusing, dengan segala rumus dan kode-kode yang harus di pecahkan. Padahal, itu hanya sebuah bayangan orang-orang yang belum pernah menceburkan dirinya dalam dunia IT.

Oke para penikmat baca, itu saja yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Untuk kritik dan sarannya, sangat saya harapkan melalui email fauzimdra@gmail.com. Atau ada request jurusan apalagi yang akan saya share, atau ingin menceritakan dan sudi berbagi kisahnya untuk menyemangati banyak orang di luar sana? Bisa langsung via email di atas ya.

Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca. Salam dan sampai jumpa.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Budaya "Karapan Sapi Madura"

Bicara tentang Indonesia, dengan berjuta kekayaan alam dan juga budayanya, ras dan suku bangsa yang beraneka ragam, tak cukup hanya hitungan jam untuk menceritakan betapa elok dan melimpahnya harta Indonesia. 

Membahas soal Indonesia, memang tak ada habisnya. Sekitar 17.504 pulau yang dimilikinya, dan bermacam budaya juga tradisi yang terbilang kaya dan masih lestari hingga hari ini.
Indonesia memang sangat asyik untuk diulik, apalagi tentang budayanya.
Di postingan kali ini, kita akan belajar dan mengenal salah satu budaya yang ada di Indonesia bagian timur.
Sudah ada yang pernah tahu tentang Karapan Sapi? Tradisi yang hanya dimiliki oleh orang-orang Madura dan masih terlestarikan sampai hari ini.
Yuk kita mengulik sedikit tentang Karapan Sapi bersama Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), Bangkalan, yang akrab di sapa Muhyi. 


Karapan Sapi itu apasih?
Karapan Sapi adalah perlombaan pacuan sapi, dimana biasanya sapi di adu sebagaimana balapan lari. Dengan satu joki yang menumpangi sepasang sapi …

Basecamp Caffe, Idolanya Tempat Tongkrongan Di Ciputat

Temen-temen Mahasiswa Uin Jakarta, atau temen-temen yang tinggal di sekitaran Ciputat dan suka nongkrong pasti tau nih tempat ngopi dan ngobrol yang satu ini.


Suasana di tempat ini memang nyaman. Meski atapnya terbilang begitu dekat ke kepala, namun nuansa yang seperti ini cukup mengingatkan para pengunjung (terutama saya) agar selalu merasa rendah (hati).
Sempat meliburkan jam operasi beberapa bulan lamanya, Basecamp Cafe baru-baru ini kembali beroperasi dan tak kehilangan citranya sebagai salah satu Cafe yang terbilang ramai di area Ciputat ini.


Jam buka tempat tongkrongan ini dimulai dari 09:00 sampai jam 03:00 wib setiiap hari Kamis-Rabu.

Untuk menu di tempat ini sudah bisa dikategorikan dalam kata 'lengkap', Ada makanan berat untuk mengenyagkan perut, Nasi Goreng dan beberapa makanan lainnya.
Buat yang sekadar mau nyemil, tersedia pisang cokelat, kentang goreng, dan makanan ringan lainnya. Soal Kopi-kopian, di tempat ini sudah disediakan untuk para pengunjung dengan berb…

Puisi Buat Mantan Gebetan Terindah

Bicara tentang masa lalu,gue ingat pada waktu gue masih nge-gebet cewek antagonis di masa Putih biru-biru.Gue sempet bikin puisi buat dia,saat gue baca sempet gue mikir "ternyata dulu gue puitis banget" .Nih puisi gue buat gebetan gue di masa Putih biru-biru >Cinta atau matematika
Di posting oleh Fauzi Achmad pada 02:13
AM, 06-Jun-13Cintaku padamu bagaikan " PI "
dalam sebuah rumus
matematika yang berarti suatu
ketetapan,tapi cintaku padamu
tidaklah seperti " GRADIEN "
yang berarti kemiringan suatu garis.
Cintaku bukan pula seperti "
JARI - JARI " yang bersifat
setengah dalam suatu
lingkaran,namun cintaku
bagaikan " DIAMETER " yg bersifat
utuh dlm sbuah
lingkaran.
Cntaq juga bkan pula seperti
" SKALA " yg berarti suatu
pengukur,tapi melainkan
seperti bentuk " BOLA " yg tidak
dapat di ukur dan tak
terhingga.Puisi itu gue ambil di blog gue yang jadul.Sebenernya puisi itu udah lama gue buat,tapi baru tahun kemaren g…