Skip to main content

Cerita Pengalaman Dari Mahasiswi Universitas Gadjah Mada Yogjakarta Tentang Jurusan Teknologi Instrumentasi

Menemukan hal-hal baru yang berbau positif tentunya sangatlah menguntungkan bagi siapapun. Mendapatkan ilmu baru, menjumpai teman karib baru, dan mendatangkan pengalaman baru yang pastinya sangatlah bermanfat untuk masa depan.  


Lebih menyukai praktek dari pada teori, Wanita berdarah Pengasih, Kulon Progo, Yogjakarta ini memilih jurusan Teknologi Instrumentasi sebagai pelabuhannya setelah lulus dari jenjang sekolah menengah akhirnya.

Pernah menjadi anggota Drumband, Siti Maimunah atau lebih sering di sapa Kak Maimun ini mengatakan bahwa, kuliah di jurusan Teknologi instrumentasi lebih terfokus pada penekanan ke manajemen, projek ala-ala pkm di dunia perindustrian.

Namun tidak hanya itu saja, ada banyak hal seru lainnya yang dapat di pelajari dalam jurusan yang satu ini.  


Apa saja sih yang dapat kita pelajari di jurusan Teknologi instrumentasi? 

Simak jawaban dari Kak Maimun berikut,
"Kita juga akan mempelajari projek perusahaan yang menggunakan kontrol seperti HMI. Projek medis dan sama android juga kita pelajari."

Nah... Gimana? Sepertinya sangat menantang sekalikan jurusan yang satu ini.

Kita bisa tahu banyak hal tentang dunia perindustrian. Tentang HMI (Human Machine Interface) atau jika di jabarkan yakni tampilan penghubung antara mesin dan manusia. Cara memonitor keadaan di plant (mesin pabrik), memunculkan alarm yang ada di plant jika ada yang tidak normal, mengatur yang ada di plant, juga mengatur nilai yang ada di suatu plant, dan masih banyak lagi yang dapat kita pelajari di jurusan yang satu ini.  Khususnya di bidang perindustrian.

Masuk melalui jalur utul (ujian tulis) Universitas Gadjah Mada, seperti ini trik yang di gunakan oleh Kak Maimun untuk bisa lolos seleksi.
"Intinya usaha dan berdoa. Benar-benar belajar dan tekuni apa yang sekiranya bisa menjadi pondasi tujuan kita."

Tidak mudah menyerah, selalu ingin menumbuhkan rasa ingin tahu, dan mengasah diri memang merupakan salah satu kunci untuk mencapai tujuan. 
Pernah menjadi pengurus koperasi, tidak membuat Siti maimun berhenti mencari sesuatu yang baru lagi,  pernah bergelut di English speaking club, menjadi anggota di Satbaloka (Satuan Bantuan Pertolongan Pramuka), dan sekarang Kak Maimun juga berstatus sebagai anggota KMDEI (Keluarga Mahasiswa Diploma Elektronika Dan Instrumentasi)  dan juga sebagai salah satu anggota KMTEDI (Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro Dan Informatika).



Memang terbilang kece Kakak yang satu ini ya. 
Seperti ini pesan dari Kak Maimun untuk yang sering mengeluh karena merasa tidak pas dengan jurusannya, "Walaupun kalian masuk kuliah dan merasa tersesat di jurusan kalian, jalani aja dulu, pasti bakal ketemu nikmatnya. karna semua pasti ada baiknya." 

Tidak pernah mengeluh adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kesuksesan.
Seperti isi pesan Kak Maimun, tetap semangat apapun yang sedang terjadi. 

Itu saja yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Kritik dan saran sangat saya harapkan, via email ke fauzimdra@gmail.com , atau yang mau berbagi kisah di dunia pendidikannya juga bisa melalui email di atas.

Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca. Salam dan sampai jumpa. 








Comments

Popular posts from this blog

Belajar Budaya "Karapan Sapi Madura"

Bicara tentang Indonesia, dengan berjuta kekayaan alam dan juga budayanya, ras dan suku bangsa yang beraneka ragam, tak cukup hanya hitungan jam untuk menceritakan betapa elok dan melimpahnya harta Indonesia. 

Membahas soal Indonesia, memang tak ada habisnya. Sekitar 17.504 pulau yang dimilikinya, dan bermacam budaya juga tradisi yang terbilang kaya dan masih lestari hingga hari ini.
Indonesia memang sangat asyik untuk diulik, apalagi tentang budayanya.
Di postingan kali ini, kita akan belajar dan mengenal salah satu budaya yang ada di Indonesia bagian timur.
Sudah ada yang pernah tahu tentang Karapan Sapi? Tradisi yang hanya dimiliki oleh orang-orang Madura dan masih terlestarikan sampai hari ini.
Yuk kita mengulik sedikit tentang Karapan Sapi bersama Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), Bangkalan, yang akrab di sapa Muhyi. 


Karapan Sapi itu apasih?
Karapan Sapi adalah perlombaan pacuan sapi, dimana biasanya sapi di adu sebagaimana balapan lari. Dengan satu joki yang menumpangi sepasang sapi …

Puisi Buat Mantan Gebetan Terindah

Bicara tentang masa lalu,gue ingat pada waktu gue masih nge-gebet cewek antagonis di masa Putih biru-biru.Gue sempet bikin puisi buat dia,saat gue baca sempet gue mikir "ternyata dulu gue puitis banget" .Nih puisi gue buat gebetan gue di masa Putih biru-biru >Cinta atau matematika
Di posting oleh Fauzi Achmad pada 02:13
AM, 06-Jun-13Cintaku padamu bagaikan " PI "
dalam sebuah rumus
matematika yang berarti suatu
ketetapan,tapi cintaku padamu
tidaklah seperti " GRADIEN "
yang berarti kemiringan suatu garis.
Cintaku bukan pula seperti "
JARI - JARI " yang bersifat
setengah dalam suatu
lingkaran,namun cintaku
bagaikan " DIAMETER " yg bersifat
utuh dlm sbuah
lingkaran.
Cntaq juga bkan pula seperti
" SKALA " yg berarti suatu
pengukur,tapi melainkan
seperti bentuk " BOLA " yg tidak
dapat di ukur dan tak
terhingga.Puisi itu gue ambil di blog gue yang jadul.Sebenernya puisi itu udah lama gue buat,tapi baru tahun kemaren g…

Basecamp Caffe, Idolanya Tempat Tongkrongan Di Ciputat

Temen-temen Mahasiswa Uin Jakarta, atau temen-temen yang tinggal di sekitaran Ciputat dan suka nongkrong pasti tau nih tempat ngopi dan ngobrol yang satu ini.


Suasana di tempat ini memang nyaman. Meski atapnya terbilang begitu dekat ke kepala, namun nuansa yang seperti ini cukup mengingatkan para pengunjung (terutama saya) agar selalu merasa rendah (hati).
Sempat meliburkan jam operasi beberapa bulan lamanya, Basecamp Cafe baru-baru ini kembali beroperasi dan tak kehilangan citranya sebagai salah satu Cafe yang terbilang ramai di area Ciputat ini.


Jam buka tempat tongkrongan ini dimulai dari 09:00 sampai jam 03:00 wib setiiap hari Kamis-Rabu.

Untuk menu di tempat ini sudah bisa dikategorikan dalam kata 'lengkap', Ada makanan berat untuk mengenyagkan perut, Nasi Goreng dan beberapa makanan lainnya.
Buat yang sekadar mau nyemil, tersedia pisang cokelat, kentang goreng, dan makanan ringan lainnya. Soal Kopi-kopian, di tempat ini sudah disediakan untuk para pengunjung dengan berb…