Lebih Dekat Dengan Indonesia "Mengenal Tradisi Sandur, Madura"

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam budaya yang unik. Berbagai macam kesenian terdapat di setiap wilayah ini.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas sedikit tentang kesenian unik yang berada di salah satu pulau kecil di Indonesia. Salah satunya seperti kesenian yang ada di daerah Madura. Tak sedikit yang dapat kita jumpai, berbagai kesenian yang ada di daerah ini, tarian tradisional, berbagai kerajinan tangan, dan masih banyak lagi yang di sajikan jika kita berkunjung ke daerah yang satu ini.

Salah satu kesenian yang cukup unik dan tidak dapat di jumpai di daerah lain, yakni Sandur. Kesenian yang hanya di miliki masyarakat Madura ini memang sangatlah unik.

Kesenian Sandur yang sebelumnya bernama salabadhan merupakan salah satu bentuk tarian tradisional masyarakat Bangkalan, Madura. Pemain Sandur terdiri dari pengrawit atau pemusik. Penyanyi dan penari di sebut lenggek. Sandur biasnya di pergelarkan untuk mendukung kegiatan acara hajatan seperti pernikahan, khitanan dan remoh. Remoh merupakan hajatan semacam arisan pada komunitas blater (tokoh yang berwibawa dan di segani) di Madura. 
(Sumber : https://www.tembi.net/2017/10/31/sandur-kesenian-madura-yang-mendekati-kepunahan/ )


Seperti yang di katakan oleh  ketua Dewan Kesehatan Rakyat Bangkalan, Madura, bahwa "Sandur merupakan kesenian tradisional yang kontennya tarian, sinden dan musik karawitan khas Madura." Pak Muhyi, ketua DKR asal Bangkalan Kota, Trunojoyo ini juga mengatakan bahwa, "Seni sandur biasanya mengiringi hajatan salah satu peserta komunitas yang biasa di sebut remoh dimana secara bergiliran anggota komunitas ini bisa mengadakan seni sandur."




(Sumber foto : https://akumassa.org/id/sandur-madura-nominal-bagian-dari-tradisi/ )

Sedikit informasi di atas semoga dapat menambah wawasan kita dan tentunya semoga bermanfaat untuk kita semua. Kritik dan saran bisa langsung via email ke fauzimdra@gmail.com atau ada cerita atau informasi yang ingin dibagikan? Bisa langsung kirim pesan lewat email di atas. 

Terimakasih, salam dan sampai jumpa di postingan berikutnya.







Lebih Dekat Dengan Indonesia "Mengenal Tradisi Sandur, Madura" Lebih Dekat Dengan Indonesia "Mengenal Tradisi Sandur, Madura" Reviewed by Fauzi Achmad on November 10, 2018 Rating: 5
Powered by Blogger.