Tahu Goreng Lezat Ala Hidup Hemat

Bagi sebagian anak kosan mungkin keadaan yang seperti sekarang tidaklah begitu bermasalah, dihadapkan dengan StayAtHome itu mungkin terasa nyaman-nyaman aja. Tapi bagi sebagiannya lagi keadaan ini mungkin bisa jadi suatu pikiran yang membelenggu, baik dari segi aktifitas ataupun keuangan yang didera.

Nah. Kali ini saya mau berbagi sedikit tips hemat dalam penguluaran biaya makanan ketika dikosan. 


Sepaket nasi putih dan tahu goreng, sambal ulek alami dan sedikit tambahan mie kuah.

Jadi di kosan saya bersama tiga teman saya yang juga masih belum mudik. Kali ini saya coba buat masakan yang tetap bikin selera makan tidak menurun.

Setelah memasak nasi di rice cooker, hal yang musti disiapkan setelah peralatan memasak, yakni;

- Tahu putih
- Beras
- Cabai
- Tomat
- Bawang Merah
- Bawang Putih

Sedikit saya ceritakan sebentar, kita menyetok beras satu karung dalam 10 hari. Jadi untuk memasak saat ini biaya memasak berkurang tanpa pengeluaran untuk membeli beras.


Hal yang perlu dilakukan yakni setelah mencuci Tahu yang saya beli seharga Rp. 5000 dalam satu plastik berukuran setengah kilogram yang diberisi 10 potong Tahu dengan ukuran yang tidak begitu besar, kurang lebih seperti di gambar.

Rendam Tahu dengan air bersih dan juga dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Lalu taburi dengan sedikit garam. Biarkan air meresap sekitar 5-7 menit.


Setelah itu kita siapkan bahan-bahan untuk membuat sambal pedas alami. Sebelum nampak seperti di foto, saya terlebih dahulu menyiapkan 4 buah cabai rawit, seperempat tomat merah, satu siung bawang merah yang sudah dikupas dan juga satu siung bawang putih bersih tanpa kulit. Setelah semuanya dicuci, bahan-bahan tersebut lalu digoreng sampai tercium wewangian khas dari bahan-bahan tersebut.

Disini saya membelanjakan uang dengan nominal sejumlah Rp. 5000 untuk membeli bawang merah dan juga bawang putih, lalu Rp. 5000 untuk sepaket cabai rawit dan juga tomat. Dan saat ini yang terpakai untuk sayuran di atas hanya sedikit, otomatis masih ada sisa sayuran untuk memasak selanjutnya tanpa haruss mengeluarkan biaya lagi.

Selesaina digoreng, ulek bahan-bahan tersebut dengan ditambahi garam (sesuai selera), lalu sedikit micit untuk menambah sedikit rasa gurihnya. Ulek hingga semua bahan tercampur. Setelah itu saya angkat Tahu yang sudah di rendam tadi lalu memotongnya hingga menjadi tiga bagian kecil.

Goreng Tahu hingga agak kekuningan, lalu tiriskan minyaknya.

(Gambar ketika sambal belum di ulek)

Setelah semua bahan utama masakan tersaji, kali ini saatnya membuat makanan pelengkap. Dan saya memakai mie instan sebagai makanan pelengkapnya yang seharga Rp. 2500. 


Taraa... Senampan Nasi Putih Dengan Tahu Goreng Mantap dan Sambal Pedas Alami siap disajikan untuk tiga orang.

Gimana? Hemat bukan? Resep ini bisa dicoba untuk anak-anak kosan yang ingin hemat dengan keadaan yang sekarat. Heheheh...

Maaf kamera hape tidak begitu besar pixelnya. Jadi hasil gambar tidak begitu memuaskan.


Tahu Goreng Lezat Ala Hidup Hemat Tahu Goreng Lezat Ala Hidup Hemat Reviewed by Fauzi Achmad on April 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.