HAL INI TIDAK AKAN DIDAPATKAN KETIKA TIDAK MUDIK LEBARAN!

Adakah seseorang yang tidak ingin sama sekali mudik atau pulang ke kampung halaman ketika berada di perantauan? Jika iya, sungguh KETERLALUAN!

Siapa yang yang tidak ingin merasakan suasana kampung tempat dimana badan dilahirkan ketika nasib sudah dihadapkan dengan jalan sebagai perantauan? Mungkin nihil, tapi jikapun ada, pasti ada alasan yang teramat berat dan itupun tidak akan mampu melepas tuntas rindu pada tanah dimana udara pertama masuk kedalam rongga tubuh. 

Mudik atau pulang kampung memang menjadi hal yang didamba-dambakan bagi para manusia yang sudah ditakdirkan harus mengadu keberuntungan di daerah seberang. Apalagi ketika sudah tiba pada moment Lebaran, iya bukan? Hari Raya Lebaran adalah kondisi sakral dimana biasanya menjadi waktu yang pas untuk bisa bertemu dengan sanak saudara dalam nuansa kekeluargaan yang sangat hangat dirasakan.

Tapi bagaimana rasanya ketika jiwa menginginkan hal itu namun keadaan seakan restu belum digenggam dalam telapak tangan? 

Tidak bisa dipungkiri memang, campur aduknya rasa akan terus membuat lebam seluruhnya. Bagaimana tidak, inti dari silaturahmi keluarga yang dikemas dengan berbagai kegiatan terlewat begitu saja karena ada hal yang memang mengharuskan untuk membiarkan sedih tak ketulungan.


(Credit Title : @taufikkhadafi2 at instagram)

Beberapa hal ini mungkin yang menjadi serangan batin kala tidak mudik lebaran;

Mungkin silaturahmi masih bisa dilakukan dengan berkomunikasi via telephone atau semacamnya, namun tatap bertatap muka sacara langsung itu tidak akan tergantikan dengan hal tersebut sensasinya.
Mengolah santapan khas kedaerahan, menjadi salah satu situasi krusial yang bakal dirindukan ketika tak pulang ke kampung halaman. Sore sebelum senja habis H-1 lebaran biasanya menjadi ajang tangan digunakan untuk bergelut dengan hewan yang akan disembeli untuk dijadikan menu sajian keluarga, ayam dan bebeklah yang masih menjadi idaman dalam sajian di tengah kumpul-kumpul keluarga.

Suara gema takbir sekalipun tak jauh berbeda dengan di kota rantau, entah kenapa terdengar sangat syahdu ketika ketika pulang dan menikmati itu setelah mudik lebaran, dan hal itu pula yang kadang memacu mata menjadi berkaca-kaca saat tidak bisa mencumbuinya saat badan tak bisa mudik ke kampung halaman.

Angpao, atau uang pemberian dari Paman atau Bibi mungkin memang menjadi salah satu yang ditunggu-tungga saat lebaran, namun jauh dari itu, ketika kita tidak bisa merasakan lebaran di kampung halaman, transfer rasa via batin untuk saling memberi dan menerima itu yang amat dirindukan.

Itu saja hal-hal yang hilang ketika tidak melakukan mudik lebaran? 
Belum habis, apa-apa yang hilang ketika kita tidak bisa mudik lebaran itu sangatlah kompleks jika dirunut sebenarnya. Mungkin kegiatan saat lebaran di kampung masih bisa dihitung oleh jari, namun rasa yang tertuang saat lebaran di kampung halaman tak akan pernah bisa dijumlah hanya dengan hitungan 1, 2 dan 3...

Selamat menikmati nuansa lebaran bagi siapapun yang pulang ke kampung halaman atau bertahan dengan nasib yang masih belum sejalan dengan harapan.


HAL INI TIDAK AKAN DIDAPATKAN KETIKA TIDAK MUDIK LEBARAN! HAL INI TIDAK AKAN DIDAPATKAN KETIKA TIDAK MUDIK LEBARAN! Reviewed by Fauzi Achmad on July 30, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.