Apa Bedanya Ayam Gepuk Sama Ayam Geprek?

Kuliner di Indonesia kian semakin kaya. Berbagai masakan dihasilkan oleh tangan-tangan kreatif serta inovatif yang bermunculan di negeri tercinta ini. 
Gak mau membahas yang lainnya, dipostingan ini saya akan mengulik sedikit tentang masakan yang berbahan utama dari ayam. Wabil khusus Ayam Gepuk dan Ayam Geprek.


Mampir disebuah warung yang spanduknya tidak jauh berbeda dengan warung-warung makanan yang biasanya menyediakan Ayam Geprek, namun di warung ini menu sajiannya memiliki nama Ayam Gepuk. Penasaran? Yes... Mungkin sedikit telat moment untuk mengulas tentang makanan yang satu ini, untuk menjawab rasa penasaran saya, meskipun sudah terbilang makanan ini sudah hampir tidak terdengar lagi ramai perbincangannya.

Sesuai namanya, hal pertama yang saya dapati yakni sajian daging ayam yang sudah digepuk, semacam dihancurkan, namun dagingnya masih menempel pada tulang-tulang yang ada. Saya memesan dada dengan ukuran yang cukup besar untuk sejenis makanan kaki lima ini. 

Jika di Ayam Geprek saya tidak menemukan campuran kacang pada bumbunya, berbeda dengan yang satu ini. Daging ayam yang sudah digoreng, dilumeri dengan bumbu yang tidak jauh beda rasanya dengan kekhasan bumbu yang ada pada Ayam Geprek. Pada gigitan pertama, saya mengira campuran kacang yang ada pada bumbu makanan ini adalah pembeda dari bumbu yang terdapat pada Ayam Geprek. Ternyata kacang yang ada pada bumbu Ayam Gepuk ini digunakan untuk menetralisir rasa pedas yang ada karena tadinya saya memesan Ayam Gepuk ini dengan takaran pedas yang sedang.

Menelusuri setiap perasa di lidah, Ayam Gepuk ini memang terasa gurih. Meskipun sudah dicampuri dengan kacang, tapi rasa pedas pada bumbu utama sajian ini tidak bisa dielakan. Kekuasaan bawang bawang putih terpangpam nyata dilidah dalam makanan ini. Daging ayamnya dimasak dengan begitu apik tingkat kematangannya, hingga tidak menghasilkan daging yang terlalu lembek namun tetap empuk menyatu dengan racikan bumbunya.

Tidak jauh beda dengan Ayam Geprek, dua makanan ini ternyata memiliki keunggulan yang sama. Yakni pada sambalnya yang khas dan tidak bisa diduakan rasanya. 

Ayam Gepuk Dan Ayam Geprek, samakah?  

Apa Bedanya Ayam Gepuk Sama Ayam Geprek? Apa Bedanya Ayam Gepuk Sama Ayam Geprek? Reviewed by Fauzi Achmad on August 03, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.