The First Time! Lidahku Kesenengan Makan Telo Madu

Ada yang berbeda di akhir tahun ini, biasanya saya dipertemukan dengan bunyi petasan, bakar-bakar daging ikan, sosis juga suara teman yang bersorakan menyambut tahun baru. Tetapi, 2020 akhir ini saya dipertemukan dengan salah satu makanan legenda yang seharusnya sudah saya temukan sejak dulu-dulu.

Telo Madu namanya. Penasaran dengan nama juga warnanya. Jika biasanya saya temui makanan umbi-umbian sejenis telo ini warnanya putih dan juga ungu, kali ini saya mendapatinya dengan warna yang unik dan berbeda dari biasanya. Jingga dengan rasa yang cukup manis setelah melalui proses perebusan. 

Ternyata oh ternyata... Karena saya penasaran dengan Telo Madu yang merupakan jenis umbi-umbian ini, saya mencoba riset sedikit sejarah dan manfaat dari Telo Madu ini.

Dikutip dari halaman aremafood.com bahwasanya Telo Madu ini sebutan lain dari Ubi Cilembu. Dimana Ubi Cilembu ini hadir dari tanah Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Katanya Telo Madu membutuhkan tempat yang pas dan tanah tertentu untuk bisa tumbuh dengan rasa yang benar-benar manis dan sempurna.

Situs aremafood.com juga menuliskan bahwa Ubi Cilembu ini lebih istimewa daripada ubi biasanya karena jika ubi ini dioven akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis rasanya.
Populer sejak tahun 90-an, Telo Madu ini memiliki kandungan utama yakni karbohidrat yang penting dalam system ketahanan pangan, namun baik pula untuk diet. Kaya akan serat dan vitamin A, dan juga memiliki mineral khusus yaitu zat besi, folat, mangan, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin D, dan vitamin E yang baik untuk kulit.

Kaya banget bukan kandungan manfaatnya. 
Gimana tertarik untuk mencobanya? Atau makin penasaran dengan manfaat lain dari Telo Madu ini? Selengkapnya bisa langsung melipir ke situs www.aremafood.com dan untuk mencoba Telo Madu ini, silahkan merapat ke Pasar Tradisional terdekat. Mungkin disana tersedia Telo Madu yang kaya akan kandungan manfaatnya.
The First Time! Lidahku Kesenengan Makan Telo Madu The First Time! Lidahku Kesenengan Makan Telo Madu Reviewed by Fauzi Achmad on December 29, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.