Laskar Pelangi Kamal Muara, Jakarta Barat



"Halaman Belakang Jakarta" Tempat yang baru pertama kali saya tahu keberadaannya sejak Minggu, 28 April 2019 kemarin. Tempat dimana masih banyak cita yang menggebu, ketulusan dan binar mata yang terpancar dari Anak-anak penghuni "Halaman Belakang Jakarta".



Di kenalkan melalui Tugas kampus yang mengharuskan saya untuk melakukan Pengabdian Masyarakat di salah satu tempat pesisir di Jakarta Barat ini, tepatnya di daerah Kamal Muara.
Yang terlintas di pikiran saya pada saat pertama kali melangkahkan kaki di daerah ini adalah "Ternyata di Jakarta masih ada daerah yang seperti ini. Daerah yang masih sangat terasa suasana perkampungannya. Di depan teras rumah ibu-ibu duduk sambil ngobrol, beberapa anak kecil bermain layangan sambil bercanda, dan ternyata di tempat ini juga masih ada ibu-ibu yang mengeringkan sisa nasi yang di sebut Karak jika di kampung saya, Madura."



"Halaman Belakang Jakarta" Tempat kecil yang terbuat dari bambu dan beratapkan seng yang sudah tidak rapi lagi, berada di tetepian laut yang menjadi mata pencaharian para warga di daerah ini.
Jaring ikan berwarna hitam yang sangat panjang terkapar pasrah di jalan-jalan kecil yang menghubungan beberapa rumah warga di tempat ini. Di beberapa sisi juga terlihat bangkai-bangkai perahu bergelatakan terendam air laut, dan tak jarang terdengar bunyi hantaman yang sangat keras dari tengah-tengah laut yang kata masyarakat di daerah ini adalah proses reklamasi.



Dan hal yang akan sangat sulit untuk saya lupakan adalah, di tempat ini masih banyak anak-anak yang semangatnya tinggi. Mereka mau menghabiskan waktunya untuk belajar sekalipun bukan jam sekolah. Anak-anak yang rela membaca buku meskipun dalam keadaan yang panas karena di kelilingi laut lepas.



Dengan fasilitas seadanya, anak-anak di daerah ini terlihat ceria dan sumringah saat ada yang datang untuk memberikan ilmu pengetahun terhadap mereka.
Dari mereka saya belajar banyak hal. Mensyukuri hidup, tidak banyak mengeluh, menikmati apa yang sudah selayaknya kita nikmati hari ini.



Dan saya yakin, harapan mereka lebih besar dari pada harapan saya untuk melihat mereka meraih mimpinya di hari esok.


(Tangerang, 30 April 2019)




Laskar Pelangi Kamal Muara, Jakarta Barat Laskar Pelangi Kamal Muara, Jakarta Barat Reviewed by Fauzi Achmad on April 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.