Suasana Lebaran



Banyak kesibukan yang terjadi ketika di ujung hari ramadan.
Di beberapa daerah, di kota Madura ini, kota yang masih kental adat dan juga budayanya, langit ketika malam lebaran terhiasai oleh ledakan bahan bahan kimia yang di namai petasan. Di beberapa ruas jalanan banyak motor - motor yang berbunyi nyaring dan bukan hanya satu.

Selain hal itu, malam ini juga menjadi wadah bagi para warga untuk melangsungkan pawai, beberapa warga berkumpul sambil membawa obor dan berjalan ke sekitaran desa, sambil menyuarakan takbir secara bersamaan.

Dari sisi lain, para orang tua sedang sibuk mempersiapkan makanan untuk perayaan besok. Di antaranya ada yang membersihkan bulu ayam dan juga bebek yang sudah tersembeleh, ada juga yang mengupas bawang dan juga mempersiapkan rempah - rempah lainnya untuk di jadikan bumbu masakannya.

Dari sisi lain lagi, banyak orang mengutarakan kebahagiaan malam ini via pesan yang di sampaikan dengan digital.
Kalimat - kalimat ucapan "Maaf" hampir memenuhi beranda di semua Sosial Media. Notifikasi di handphone pun juga banyak yang mengungkapkan permintaan maaf dan juga ajakan untuk memulai lembaran baru.

Sangat ramai dan sibuk sekali memang di daerah ini ketika malam penghujung ramadan.

Nampaknya malam ini adalah malam yang sangat bahagia bagi banyak orang. Terlepas dari kebiasaan kebiasan di bulan puasa, mungkin adalah salah satu jawabannya.

Dan ternyata tidak semua orang benar - benar bahagia pada malam penghujung bulan puasa ini.
Dari sudut yang berbeda, ada sebagian orang tua yang menangis karena belum bisa bertemu dengan anaknya yang belum pulang dari kota Rantau, Melakukan video call sambil mengaduk opor ayam yang akan di sajikan buat besok, dan ada juga yang menguatkan dirinya dengan berupaya menonton letupan petasan di atas langit sana.

Dari sudut yang berbeda lagi, seorang perantau meneteskan air matanya karena tidak lama lagi harus berangkat untuk meneruskan pekerjaannya di kota seberang, matanya berair seolah ungkapan yang sangat terpukul karena akan berpisah dengan keluarganya.

Belum berhenti suara petasan yang bergantian di langit sana, tawa dan tangis masih bercampur ria di wilayah ini.

Madura...
Suasana Lebaran Suasana Lebaran Reviewed by Fauzi Achmad on June 04, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.