Di Daerahku Ini Namanya Gebuk, Kalau Di Tempatmu Apa?

Ngakan bahasa Madura yang bisa diartikan juga dengan kata "makan" 
Sedangkan gebuk adalah salah satu makanan khas Madura yang terbuat dari olahan singkong. 
Akhir-akhir ini gebuk sudah jarang saya temui, entah saya yang terlalu kuper, atau memang makanan yang satu ini sudah hampir termakan zaman. 

Sayang betul rasanya kalau salah satu kekayaan daerah harus tertelan waktu. (Semoga ada yang membaca tulisan ini dan membuatnya rahayu) 

Mencari artikel tentang gebuk ini, ternyata sangat susah ditemui dalam dunia pergoogle'an. Dari bahan singkong alami, dengan proses pembuatan yang cukup mudah, gebuk ini sangat bersahabat bagi tubuh, baik dari segi kandungan vitamin, juga keramahannya yang mudah didapatkan. 
Bagaimana tidak? Coba kita uraikan beberapa manfaat dari makanan yang bebahan utama singkong ini. Dikutip dari alodokter.com bahwa Singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram singkong, terkandung 110-150 kalori. Jumlah kalori ini lebih tinggi daripada kalori pada umbi jenis lain, seperti kentang dan ubi. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan energi ekstra untuk menjalani aktivitas sehari-hari jika mengonsumsi singkong.

Selain menambah Energi tubuh, masih banhak lagi manfaat mengonsumsi makanan yang berbahan utama singkong ini karena kaya akan manfaat. Karbohidrat, protein, serat, mineral, termasuk kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium, vitamin, yakni vitamin C dan vitamin A, air sudah ada di dalam singkong.

Usut temu usut, gebuk ini merupakan inovasi dari orang-orang terdahulu yang sering mengkonsumsi singkong setiap harinya. Pembuatannya cukup mudah, hanya dengan memarut singkong dengan takaran sesuai selera. Lalu mengeringkannya di bawah sinar matahari. Selanjutnya singkong yang sudah kering ditumbuk hingga halus. Selanjutnya dikukus dengan ditaburi gula merah atau bisa ditaburi dengan gula putih sesudah proses pengukusan. 

Biasanya parutan kelapa muda menjadi toping andalan makanan gebuk ini.

Enak dan bernutrisi. Semoga lestari!
Di Daerahku Ini Namanya Gebuk, Kalau Di Tempatmu Apa? Di Daerahku Ini Namanya Gebuk, Kalau Di Tempatmu Apa? Reviewed by Fauzi Achmad on January 24, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.