Jangan Lupa Kulitnya!

"Banyak teman itu penting, mereka adalah salah satu jendela buat mengintip ilmu yang mungkin belum kita punya." 
Saking kudetnya saya, 2020 kemarin saya baru mendengar istilah "Kulit buah ini bisa menyuburkan loh buat tanaman." Pernyataan itu keluar dari mulut teman saya, beberapa saat setelah menyuguhkan buah jeruk dan juga pisang dihadapan saya. 

Apa iya itu beneran? 

Tertarik untuk mencari tau tentang pernyataan itu, saya coba berselancar via internet dengan membaca beberapa referensi yang terkait dengan hal tersebut.

Kulit buah ternyata memang memiliki peran penting untuk kesuburan suatu tanaman, semisal kulit pisang. Seperti yang ditulis pada halaman kontan.co.id bahwa di dalam kulit pisang terkandung berbagai nutrisi, termasuk kalium dan juga fosfor. Lanjutnya, menurut penelitian Cape Gazette, "untuk berkebun, kulit pisang ini sangat cocok karena mengandung 42% kalium juga kulit pisang memiliki sumber kalium organik tertinggi. 

Kalium bermanfaat untuk memperkuat batang tanaman dan juga melawan penyakit. Bahkan dengan menggunakan kulit pisang, bunga dan buah-buahan akan lebih subur dan enak. 

Potasium yang terkandung dalam kulit pisang membuat tanaman tahan terhadap kekeringan. Selain itu, kulit pisang bisa meningkatkan kandungan protein pada tanaman. 

Kalium tersebut bisa membantu tanaman tumbuh untuk berbuah dan berbunga."
Lalu bagaimana cara mengaplikasikan kulit buah ini sebagai pupuk? 

Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah. Kontan.co.id juga menjabarkan, untuk mengunggunakan kulit buah ini sebagai pupuk tanaman, hanya dengan memasukan langsung kulit buah tersebut ke tanah disamping pohon yang akan dirawat. 
Cara kedua, bisa juga dengan memasukan kulit pisanh kedalam toples yang berisi air, dan diamkan selama satu atu dua minggu. Setelah itu bisa langsung disiram ke pohon tersebut. 

Sangat mudah bukan? 
Bisa dipraktikan langsung di rumah.


Jangan Lupa Kulitnya! Jangan Lupa Kulitnya! Reviewed by Fauzi Achmad on January 05, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.